Kelebihan dan Kekurangan Mobil Berpenggerak Roda Belakang & Depan, Mana Pilihan Mu?

Salah satu topik yang paling banyak diperdebatkan tentang pengendara adalah posisi penggerak roda. Beberapa orang berpikir bahwa mobil dengan penggerak roda depan (FWD / front wheel drive) lebih baik. Akan tetapi, tak jarang juga mereka lebih memilih penggerak roda belakang (RWD / Rear wheel drive) pada mobil 2WD.

Baik mobil FWD dan RWD, memiliki tujuan mereka sendiri. Memang, sistem RWD dibuat lebih awal dari FWD, tetapi keduanya tetap hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lihat penjelasan oleh Motor1.com seperti dilansir dari otosia.com dibawah ini.

1.Rear Wheel Drive (RWD)

Meski dibuat sebelumnya, sistem RWD kini lebih banyak dipasang pada mobil mewah dan mobil sport. Sistem ini menawarkan penanganan yang lebih baik daripada FWD, sehingga pengendara dapat berbelok lebih nyaman.

Sistem RWD juga memiliki daya tahan yang lebih baik daripada FWD. Selain itu, performa yang dihasilkan tetap bagus meski dipasangkan dengan mesin berkapasitas besar. Penggunaannya juga bisa membuat mobil bermesin kecil mampu mengangkat beban berat.

Sayangnya, mobil penggerak roda belakang lebih mudah terpeleset saat menikung. Inilah yang membuatnya lebih disukai oleh ‘drifter’. Akhirnya, akselerasi pada tarikan awal sedikit berkurang.

 

2.Penggerak Roda Depan (FWD)

Mobil dengan sistem FWD mampu membuat mobil berakselerasi lebih baik. Pasalnya, mesin akan menarik beban, bukan mendorong seperti pada sistem RWD. Roda tidak lebih mudah selip saat dipercepat.

Kelebihan lainnya adalah mobil bisa memiliki radius putar yang lebih lebar dari RWD. Ini menyebabkan mobil FWD mampu menikung lebih cepat dan tajam. Selain itu, harga pembuatannya jauh lebih murah daripada pembuatan sistem RWD.

Sayangnya, beban yang diangkat tidak bisa terlalu berat. Selain itu, perawatan harus lebih ekstra hati-hato dari pada mobil RWD. Bukan itu saja, penangguhan penopangnya harus lebih baik sehingga harganya menjadi mahal.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Related Post