7 Pantangan Saat Menyetir Mobil Bertransmisi Manual

Sebagian orang menganggap diri mereka keren saat mengendarai mobil manual. Karena mengendarai mobil ini dibutuhkan keterampilan, daripada menggunakan mobil matic.

Eits, tapi jangan sombong dulu saat mahir mengemudikan mobil manual. Otolovers juga harus tahu tentang larangan saat mengendarai mobil transmisi manual, seperti yang dilaporkan dari Rotary Shop Bintaro.

1.Menginjak Kopling dan Gas Saat Menghentikan Mobil

Ini sangat berbahaya. Ketika kopling dan gas diinjak secara bersamaan, transmisi mobil yang ada akan rusak lebih cepat. Selain itu, mobil juga bisa terpental karena tekanan gas terlalu besar.

 

2.Membiarkan Posisi Kaki di Pedal Kopling Terus Menerus

Menempatkan kaki pada pedal kopling sama saja dengan memberi tekanan pada pedal itu sendiri. Meski tekanannya sangat kecil, tetapi karena tidak ada gerakan untuk menggerakkan mobil, pedal kopling bisa aus lebih cepat, mesin juga jadi lebih boros bahan bakar.

 

3.Terlalu Mengandalkan Fungsi Rem

Beberapa pengemudi hanya mengandalkan rem ketika mereka ingin menghentikan mobil. Baiklah, tapi pengemudi juga bisa mengandalkan engine brake. Tujuannya hanya satu yaitu untuk mengurangi beban pada rem, sehingga umurnya lebih panjang, konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih efisien.

 

4.Menginjak Gas Sampai Mentok ketika RPM Rendah.

Menekan gas pada rpm rendah dapat memperpendek umur mesin dan transmisi. Jika ingin menambah kecepatan, lebih baik ganti posisi gigi secara bertahap, bukan meenkan gas sampai macet.

 

5.Menggunakan Transmisi Awalnya untuk Meningkatkan Kecepatan

Selain berbahaya, ngebut dengan gigi acak juga akan meningkatkan konsumsi bahan bakar, sehingga mobil menjadi lebih boros. Lebih baik jika menggunakan gigi yang tepat untuk meningkatkan kecepatan agar getaran mesin tetap halus.

 

6.Menekan Kopling saat Pengereman

Itu benar-benar tidak perlu dilakukan. Karena fungsi kopling bukan untuk mengerem, tetapi untuk memutuskan hubungan antara mesin dengan transmisi. Jika ini sering dilakukan, maka mesin mobil akan menanggung bobot yang lebih berat yang dapat menyebabkan roda mobil terlepas dari kampas rem dan engine brake.

 

7.Pindah Transmisi tanpa Menginjak Pedal Kopling

Biasanya ini akan menjadi kebiasaan orang yang baru belajar. Ketika Anda ingin memindahkan transmisi, Anda harus menekan pedal kopling terlebih dahulu agar usia gigi mobil tetap awet dan tahan lama.

Nah itulah 7 larangan dalam menyetir mobil transmisi manual, dari ketujuh hal itu mana yang masih dan sering kamu lakukan? Hayo ngaku, mulai sekarang kurangi dan jika perlu hilangkan kebiasaan tersebut ya bro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Related Post