Tips Hemat Mengencangkan Baut Saat Mengganti Ban

Bagi si pemilik sekaligus pengendara mobil, urusan mengganti ban yang mengalami kebocoran dijalan adalah salah satu keahlian dasar yang wajib dimiliki. Meskipun ada banyak kendala teknis lain yang harus diketahui si pengendara, urusan ban adalah yang tak bisa dianggap remeh.

Kali ini kita tidak akan berbicara soal cara tercepat atau terbaik, melainkan tips hemat atau lebih tepatnya usaha yang tidak berlebihan saat mengencangkan baut ban. Karena beberapa diantara kita yang sering melakukan usaha yang tergolong berlebihan bahkan sampai menginjak kunci supaya lebih kenceng.

Padahal, hal ini tidak harus dilakukan, karena kebiasaan ini justru berdampak negatif ketimbang positif. Kebiasaan ini dinilai meningkatkan resiko cedera bagi si pelaku dan bisa merusak baut juga.

Satu lagi, jika baut terlalu kencang, maka besar kemungkinan akan sulit untuk dibuka kembali jika melakukan penggantian berikutnya. Jelas ini tidak efektif ya…dan tentu anda mau tahu seperti apa tips yang sesuai menurut pedoman yang benar.

Tips yang Bisa Anda Coba:

  1. Buka terlebih dahulu baut ban sebelum melakukan proses pendongkrakan agar tidak terlalu kencang.
  2. Setelah terbuka, letakan dongkrak pada posisi yang ideal, kemudian lakukan pendongkrakan hingga posisi ban mudah untuk dikeluarkan.
  3. Buka semua baut ban dan keluarkan ban yang bocor.
  4. Siapkan ban pengganti dan pasang sesuai urusannya. Selanjutnya pasang kembali baut dan kencangkan baut secara berpasangan, atas bawah dan kiri kanan, jangan mengikuti arah jarum jam atau sebaliknya.
  5. Lepaskan dongkrak, untuk memudahkan pengencangan baut ban. Jika anda menggunakan dongkrak jenis hidrolik, sebaiknya kendorkan pada posisi yang ideal.
  6. Kencangkan baut sesuai dengan berat badan Anda dan jangan terlalu kencang, apalagi sampai naik di atas kunci dengan menggoyang goyangkan biat tambah kenceng. Usaha ini terlalu berlebihan.

Khusus bagi Anda yang perempuan, jika dirasa tenaga dan berat badan kurang, masih diperbolehkan untuk menaiki kunci dan menggoyang goyangkan untuk mendapatkan tenaga tambahan.

Nah, demikianlah tips yang bisa kami sampaikan kepada pembaca yang budiman. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa membantu Anda dikemudian hari.

 

Untuk lebih jelas tentang tata cara mengganti ban mobil khususnya avanza, silahkan tonton video berikut:

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.