Mengapa Knalpot Bisa Mengeluarkan Air Saat Dipanaskan Pagi Hari, Bahayakah?

Mungkin pertanyaan ini sering diajukan oleh pemilik mobil kepada montir ketika melakukan service kendaraan di bengkel. Dan pertanyaan yang sama inilah yang dulunya juga pernah membuat saya berpikir keras.

Tapi dari pada berpikir gak karuan, mari kita dengarkan pendapat para ahli tentang hal ini.  Dan tentunya kamu bisa ambil kesimpulan sendiri yang mungkin berbeda dengan kesimpulan yang saya tuliskan disini.

Kondisi yang ada pada kendaraan bermotor, khususnya roda empat bermacam-macam. Ada yang menunjukkan keadaan yang normal, namun ada juga yang merupakan tanda kerusakan dan menyebabkan bahaya. Mari kita liha lebih lanjut.

Kali ini, terkait dengan keluarnya tetesan air dari knalpot ketika menyalakan kendaraan di pagi hari. Jika mobil berbahan bakar hidrogen itu adalah hal normal, namun untuk mesin konvensional (bensin dan diesel) apakah itu tanda positif atau negatif?

Ini pendapat para Ahli

Menurut Ichsan Ady Permana, Instructure Technical Training Center Astra Daihatsu Motor, keluarnya air dari knalpot merupakan sesuatu yang normal. Jika pemilik kendaraan menemui kondisi tersebut pada mobil, tidak perlu khawatir.

“Ini kondisi normal, terlebih di saat cuaca dingin pada malam hari. Hal ini terjadi akibat uap air di knalpot terkondensasi pada malam hari. Dan ketika pagi hari mesin dihidupkan, uap air tadi didorong oleh gas buang dan sebagian terdorong ke luar dari knalpot,” terang Ichsan seperti yang dikutip dari laman KompasOtomotif, Selasa (29/11/2016).

Didi Ahadi, seorang Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) juga memberikan jawaban yang sama, keluarnya tetesan air bukan merupakan tanda bahaya. “Keluar tetes air itu normal dan bagus, karena kalau malam terjadi pengembunan akibat pembakaran yang sempurna, sehingga saat pagi akan terbawa keluar,” ujar Didi.

Lebih lanjut Ichsan memaparkan, jika tetesan air tidak keluar bukan berarti hal ini tidak baik. “Apabila tidak keluar air, tidak dikatakan tidak normal juga, semua itu tergantung suhu sekitar di saat mobil tersebut diparkir, dan dalam kondisi yang lama,” terang Ichsan.

Kesimpulan

Jika saat ini kamu masih memendam pertanyaan seperti pada judul diatas, saatnya berhenti merasa khawatir dan was was. Knalpot yang mengeluarkan air ketika pertama kali dihidupkan dipagi hari itu bagus. Para ahli bilang itu normal dan sangat biasa.

So, jadi mulai sekarang saat melihat knalpot gak usah baper lagi ya dan yang pasti kamu gak harus ganti knalpot atau langsung ganti mobil sekaligus.

Demikian ulasan singkat ini, semoga bermanfaat.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.