Kapan Waktu Terbaik Mengganti Minyak Rem Mobil?

Pengereman berperan penting dalam meredam laju kendaraan, baik mobil maupun motor. Nah, komponen penting selain kampas rem dalam sistem pengereman adalah minyak rem.
 
Jika kondisi minyak rem atau cairan rem ini memprihatinkan, tentu akan membayakan keselamatan. Memang, usia pemakaian minyak rem sangat panjang, namun bukan berarti hal ini harus diabaikan.
 
Perhatikan juga kondisinya demi kenyamanan Anda berkendara, dan saya yakin Anda pasti tidak ingin mengalami kendala untuk itu sebaiknya lakukan pegnecekan secara berkala.
 
Berdasarkan pemaparan Iwan Abdurrahman selaku Technical service Division Toyota Astra Motor, yang dikutip dari laman kompas, waktu penggantian minyak rem 40.000 km seperti yang tertera pada Buku Petunjuk Pemilik.
 
Minyak rem juga sudah harus diganti pada saat kondisinya telah berubah menjadi keruh. Warna pada minyak rem berbeda-beda tergantung dari produk yang digunakan. Akan tetapi, pada umum adalah berwarna merah atau kuning.
 
Dalam kondisi nomal, minyak rem yang bagus biasanya bening dan tidak kental, warnanya juga tidak terkontaminasi.  Cairan rem akan berwarna keruh bila terkontaminasi dengan udara, hal ini disebabkan oleh perubahan zat kimia yang terkandung didalamnya yang diakibatkan suhu meningkat.
 
Secara umum, sistem pengereman bekerja pada suhu yang sangat panas, bahkan hingga 2 kali dari titik didih air. Minyak rem memang didesain sedemikian rupa sehingga bisa menyesuaikan kondisi panas tersebut, namun seiring berjalannya waktu dan lamanya pemakaian kualitasnya akan menurun.
 
Untuk itu, minyak rem atau cairan rem perlu diganti setiap 40.000 km pemakaian. Pengecekan berkala dapat dilakukan di bengkel terdekat setiap 6 bulan, biasanya montir paham dengan situasi ini, jika perlu diganti mereka akan merekomendasikan untuk menggantinya.
 
Nah, demikian informasi singkat dari kami tentang perawatan dan penggantian minyak rem, mudah-mudahan bermanfaat untuk menambah wawasan Anda dalam merawat mobil kesayangan Anda.
 
Selamat berkendara!
Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.