Inilah Peralatan Penting Yang Harus Ada Dalam Mobil Saat Anda Berpergian

Selain pemeriksaan menyeluruh di bengkel, sebelum pulang dan menyiapkan alat di dalam mobil. Mengapa? Terkadang insiden terjadi di waktu dan tempat yang tidak terduga. Ban bocor, batik dan sebagainya. Anda harus dapat menangani keadaan darurat dengan beberapa alat penting. Inilah alat-alat penting yang perlu ada di dalam kendaraan.

 

1.Dongkrak

Ban mobil Anda bocor di tengah jalan? Alangkah terkejutnya jika mengetahui jack yang seharusnya ada di mobil itu tidak ada. Mungkin Anda sudah menggunakannya di rumah dan lupa menyimpannya kembali. Oleh karena itu, jack harus selalu disimpan di dalam mobil setelah digunakan. Dongkrak tidak hanya berfungsi untuk mengganti ban saja, tetapi juga sangat berguna untuk melakukan perbaikan darurat, terutama untuk komponen yang terdapat di bagian bawah mobil. Sebuah jack juga dapat digunakan untuk membantu mengembalikan ban mobil yang jatuh ke selokan, kembali ke jalan.

 

2.Kunci Roda dan Set Toolkit

Jack ada di sana, tetapi kunci roda tidak ada di sana, itu sepadan. Roda setiap mobil bisa berbeda. Itu sebabnya, seperti jack, pastikan kunci roda mobil Anda selalu disimpan di dalam mobil setelah digunakan. Juga simpan tool set dalam bentuk obeng dan kunci soket dalam beberapa ukuran. Peralatan ini berguna untuk mengencangkan baut dan komponen mobil lainnya. Bukan hanya orang yang suka ‘ngoprek’ mobil sendiri yang harus memiliki peralatan ini. Karena mengencangkan baut baterai atau mengencangkan klem selang radiator, adalah pekerjaan sederhana yang harus dilakukan oleh siapa saja.

 

3.Kabel Jumper

Setelah istirahat makan siang singkat, Anda dan keluarga Anda ingin bolak-balik. Namun mobil itu tiba-tiba tidak bisa dihidupkan. Rupanya baterai mobil Anda basah kuyup. Bengkel mobil terdekat ditutup karena libur Lebaran. Solusi jumper kabel. Anda dapat meminta waktu dari pemilik kendaraan lain yang diparkir di tempat istirahat Anda untuk membantu.

 

Cukup hubungkan kabel jumper baterai mobil Anda dengan aki mobil dari kendaraan ber-AC lain dan mobil Anda dapat kembali hidup. Biarkan mesin menyala selama beberapa waktu dan beri waktu alternator untuk mengisi ulang baterai. Setelah beberapa saat, matikan mesin dan biarkan. Kemudian cobalah untuk menyalakannya kembali. Jika mesin berjalan normal baterai mobil Anda masih sehat. Lanjutkan dalam perjalanan kembali! Jika mesin sulit hidup, itu berarti baterai mobil Anda lemah. Anda dapat melompati kembali kendaraan untuk sementara waktu dan membawa mobil ke bengkel mobil atau tempat istirahat darurat yang menyediakan banyak merek mobil di sepanjang rute selama liburan Idul Fitri untuk bertukar baterai baru.

 

4.Peralatan Lainnya

Selain tiga alat penting, ada juga beberapa alat lain yang harus disimpan di dalam mobil. Senter, misalnya. Di malam hari, lampu senter yang berguna mulai dari mencari cincin yang jatuh di dalam kabin mobil untuk menerangi ruang mesin sambil melakukan perbaikan. Selain senter, kini banyak lampu LED yang bisa dicas dengan cahaya lebih terang.

Penting juga untuk membawa botol kosong. Botol ini bisa digunakan untuk membawa bahan bakar jika mobil Anda kehabisan bensin di tengah jalan raya. Atau bisa digunakan untuk mengisi radiator air jika radiator air Anda habis.

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.